Pemerintah Gandeng JICA Bahas Jaminan Mutu Pembangunan IKN

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono membahas penjaminan mutu pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dengan Japan International Cooperation Agency (JICA). Pada kesempatan tersebut, konsultan JICA memaparkan hasil kajian terhadap empat tantangan dalam menjamin kualitas pengembangan IKN.

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, ada dua tujuan dalam pengembangan IKN, yaitu penjaminan mutu dan estetika. Kami ingin proses pengembangan IKN tetap menjaga kelestarian lingkungan,” kata Basuki saat bertemu dengan Kepala Perwakilan JICA Takehiro Yasio, di Jakarta, dikutip Antara, Rabu (13/7).

Baca Juga :
Jual Saldo Paypal
Jual Beli Saldo Paypal
Saldo Paypal Terpercaya

Tantangan pertama adalah integrasi berdasarkan kondisi kerangka, di mana semua perencanaan dan konstruksi harus didasarkan pada kondisi topografi dan geologi saat ini. Kemudian klasifikasi lahan dan semua rencana infrastruktur harus mengacu pada rencana drainase untuk mencegah bencana banjir.

Kedua, koordinasi infrastruktur bawah tanah diperlukan. Salah satunya adalah mengamankan right-of-way (ROW), terutama poros dan struktur yang lebih besar seperti pompa pengangkat saluran pembuangan.

Ketiga, ada kebutuhan untuk mengambil ruang untuk memastikan aksesibilitas untuk ekspansi di masa depan. Salah satunya adalah kebutuhan lahan untuk pelayanan angkutan umum seperti halte dan fasilitas jalan seperti penerangan dan CCTV. Kemudian yang keempat adalah penjaminan mutu konstruksi.

Basuki mengapresiasi hasil kajian tim penasihat JICA tersebut. Ia bahwa para konsultan JICA sangat jeli melihat tantangan terbesar, yaitu melakukan observasi. Kami akan mengandalkan rencana drainase untuk mencegah banjir. Makanya saya minta banyak laki-laki yang akan mengurus drainase IKN karena sangat penting,” kata Basuki.

Baca juga :
Jasa Pbn Premium
Jasa Pbn Berkualitas
Jasa Pbn

Basuki juga berharap dengan hadirnya konsultan JICA akan memungkinkan terwujudnya pengembangan IKN Nusantara dengan kualitas yang baik. Kami percaya bahwa Anda semua akan berkontribusi untuk memastikan kualitas pengembangan IKN, jadi jangan ragu untuk memberi kami saran atau koreksi agar tujuan kami dapat tercapaiā€,.

Kepala Perwakilan JICA Takehiro Yasui mengatakan pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin menjalankan amanah yang diberikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.