Menko Airlangga Pamer Sederet Ikhtiar Pemerintah Bangkitkan UMKM

Berbagai langkah yang dilakukan pemerintah untuk membantu pemulihan ekonomi Indonesia pada triwulan I 2022 telah menghasilkan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,01 persen (yoy).

Dengan pertumbuhan ini, PDB Indonesia telah melampaui tingkat sebelum pandemi, dan pendapatan per kapita juga telah kembali ke kategori pendapatan menengah ke atas.

Dari sisi sektoral, perekonomian Indonesia didominasi oleh sektor manufaktur sebesar 19,19 persen pada triwulan I 2022 yang didorong oleh sektor komersial. Di sektor UMKM ini pasti bisa membantu mendukung pemulihan pertumbuhan ekonomi,” kata Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, saat menunggu keynote speech pada ermit Nyengkuyung-Rei-heerKyung G20-bersama sebagai penggerak percepatan pemulihan ekonomi, Selasa (14/6). 2022).

Pemerintah juga terus mempercepat berbagai langkah dukungan bagi para pelaku ekonomi agar cepat pulih dari dampak pandemi Covid-19 melalui Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) tahun 2022.

Pelaksanaan program PEN memberikan dukungan langsung kepada masyarakat melalui penciptaan lapangan kerja dan perlindungan sosial. Seiring dengan merangsang output industri, UMKM dan koperasi melalui insentif usaha dan dukungan keuangan.

Terkait pemulihan ekonomi di sektor industri, pemerintah telah memberikan keringanan pajak dan non-pajak kepada industri strategis.

Dukungan dari Fasilitas Perpajakan berupa pembebasan atau pembebasan bea masuk atas barang impor, pembebasan PPN dan pembebasan pajak penghasilan berdasarkan Pasal 22.

sinbar, fasilitas PNBP yang diberikan antara lain kemudahan pelayanan perizinan, kemudahan pembebasan lahan/lokasi, pemberian dukungan teknis dan produk regulasi strategis, dan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.